mesin pembuat shuttlecock skala home indusri

Shuttlecock yang bagus dan stabil tanpa goyang adalah yang paling di sukai banyak pemain tentunya dengan harga yang terjangkau, tapi  apakah anda tahu bahan dan proses pembuatan shuttlecock? disni saya akan meninfokan apa saja peralatan yang biasa dipakai untuk membuat shuttlecock skala home industri.
  1. Tang

    https://tucson-shuttlecock.blogspot.co.id/
    tang untuk menancapkan bulu
    Tang yang dimodifikasi dipakai untuk menancapkan bulu ke kepala shutllecock. tan menjadi peralatan yang utama untuk membuat shuttlecock karena untuk meluruskan bulu terkadang juga memakai tang.
  2. Pengukur Tinggi 

    Untuk menghasilkan shuttlecock yang tingginya rata tentu dibutuhkan peralatan juga, meskipun sederhana tapi alat ini menjadi sangat penting untuk menjadikan shuttlecock yang berkwalitas.
  3. Pengukur Lebar

    Ukuran lebar shuttleocck rata - rata mulai 65 - 68 mm, tentunya dengan banyak macam kecepatan shuttecock di butuhkan alat ini agar  lingkar sama semua.
  4. Mesin Potong Bulu

    https://tucson-shuttlecock.blogspot.co.id/
    Mesin potong bulu terdapat dua macam, yang manual pakai pijakan kaki tanpa dinamo mesin dan dengan dinamo mesin, untuk hasil kualitas potongan bulunya sama saja antara yang pakai dinamo dan yang tidak. tapi untuk hasil kuantitasnya jelas yang pakai dinamo yang lebih cepat.
  5.   Mesin Pelubang Dop Kepala

    https://tucson-shuttlecock.blogspot.co.id/
    mesin bor kepala shuttlecock

    Dop kepala shuttlecock yang akan ditancapi bulu mesti di bor dulu agar tulang bulunya dapat masuk kedalam kepala shuttlecock. mesin bor ini harus sering di asah agar pisau mata bornya bisa membuat lubang yang sempurna dan membuat shuttlecock menjadi stabil.untuk kepala shuttlecock ada dua macam jenis, yang terbuat dari eva yang di impor dari china dan yang terbuat dari kayu hasil produk lokal.
  6. Mesin Jahit 

    https://tucson-shuttlecock.blogspot.co.id/
    mesin jahit manual

    Mesin jahit manual dengan jarum bentel di rajutkan di sela - sela tulang shuttlecock. dulu menjahit shuttlecock tanpa mesin ini dan hanya dilakukan dengan jarum biasa, tapi perkembangan usaha shuttleock sekarang banyak home industri yang memakai mesin jahit yang lebih canggih deng memakai dinamo.
  7. Pelurus Benang dan Ukuran Lebar 


    https://tucson-shuttlecock.blogspot.co.id/
    mesin kocrok an benang
    Alat ini di sebut kocrok an benang yang berfungsi meratakan hasil jahitan yang terkadang tidak lurus dan juga meratakan lingkar shuttlecock
  8. Mesin Lem 

    Shuttlecock yang sudah melalui proses di atas selanjutnya di lem memakai alat ini ataupun manual memakai kuas biasa ukura 1/4 " dengan cukup mengkuaskan dibagian benang dan dop kepala shuttlecock, setelah lem kering benang yang belum rapi dipotong mamakai gunting.
  9. mesin tes kecepatan 

    https://tucson-shuttlecock.blogspot.co.id/
    mesin tes shuttlecock

    Setalah proses diatas selesai barulah shuttlecock di tes menggunakan mesin ini gunanya untuk melihat shuttlecock yang goyang atau tidak

    Itulah peralatan yang dipakai untuk pembuatan shuttlecock skala home industri. untuk artikel selanjutnya akan saya mengupdate pembuatan shuttlecock skala pabrik besar.

Tidak ada komentar: