sekilas olimpiade 2012 london

Indonesia tak lagi menyisakan wakilnya di sektor tunggal pada Olimpiade London 2012 setelah Adriyanti Firdasari dan Simon Santoso harus mengakui keunggulan lawan-lawannya di babak 16 besar siang ini.



Terdapat tiga wakil di nomor tunggal, sebelumnya Taufik Hidayat juga harus menyerah di tangan Lin Dan asal China, 9-21, 12-21. Para wakil tunggal Indonesia mendapatkan lawan yang cukup berat di knock out stages ini. Selain Taufik yang harus berhadapan dengan unggulan kedua, Simon dan Firda juga dihadang pemain top dunia.


Adriyanti Firdasari harus mengakui keunggulan Wang Xin dari China, yang merupakan unggulan kedua, dalam dua gim langsung, 15-21, 8-21. Sementara Simon dihadang Lee Chong Wei, unggulan pertama dari Malaysia, 12-21, 8-21.

“Saya kalah cepat dari Wang Xin, dia bermain bagus sekali hari ini. Walaupun saya harus terhenti di babak 16 besar, namun saya sudah berusaha maksimal, lawan lebih bagus dari saya,” kata Firda yang ditemui usai pertandingannya.

Senada dengan Firda, Simon juga mengaku kalah di kecepatan.

“Sulit untuk keluar dari tekanan yang diberikan Chong Wei, saya tak dapat mengimbangi kecepatannya. Begitu saya coba mengubah irama permainan, Chong Wei sepertinya sudah mengantisipasi hal ini,” ujar Simon.

Dengan hasil ini, maka Indonesia tinggal berharap pada pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang sudah lolos ke babak semifinal.

Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Meiliana Jauhari tidak lagi bisa bermain setelah didiskualifikasi bersama tiga pasangan lainnya, Wang Xiaoli/Yu Yang (China), Kim Min Jung/Ha Jung Eun dan Kim Ha Na/Jung Kyung Eun (Korea) menyusul 'pertarungan drama' di lapangan pada babak penyisihan grup sehari sebelumnya.