Bagaimana Cara Memilih Raket yang Benar

 Cara Memilih Raket yang benar
raket bulutangkis

Inilah pertanyaan yang sering muncul pada kita saat kita ingin memiliki sebuah  raket seperti yang biasa dipakai oleh pemain profesional. Apasaja  tips cara untuk memilih raket yang benar ala Tang XianHu sang legenda Bulutangkis asal tiongkok.

  • Merk

     Ada banyak sekali merk yang beredar dipasaran seperti yonex, victor, Li-ning, adidas, flypower, astec dan masih banyak lagi, Merk terkenal lah yang patut dipilih karena umumnya raket dengan brand international memiliki kwalitas yang terjamin, harganya pun lebih mahal. tapi bukan berarti raket dengan harga dibawahnya lebih jelek. untuk kita dengan bugdet tipis bisa memilih raket dengan seri dan harga yang terjangkau dengan kita sambil nabung buat beli raket dengan kwlitas yang lebih bagus.
  • Berat

     Pukuran berat di raket mempunyai tanda "U",  semakin tinggi nilai U raket akan semakin ringan. berat raket sendiri antara 83-100gr dan tertera pada batang raket. berat tersebut belum termasuk berat apabila ditambah dengan grip yang rata- rata mempunyai berat antara 2 - 5 gr. Raket dengan berat yang lebih sedikit cocok dipakai untuk mengontrol bola tapi kurang menghasilkan power saat melakukan smash, raket dengan ukuran berat jadi itulah yang disebut dengan raket power, Untuk raket dengan berat yang tinggi cocok dipakai untuk pemain dengan tenaga yang kuat untuk menghasilkan power lebih saat melakukan smash, nah cari dengan nilai yang sesuai dengan karakter permainan anda dulu, dan sambil nunggu tabungan untuk membeli jenis raket dengan berat lainya.
  • Kesimbangan

    Pertimbangkan keseimbangan raket saat mau membeli, bagaimana caranya?
    Ambil raket hadapakan jari telunjuk keatas lalu taruh batang raket diatas tangan  jari telujnjuk anda ( seperti mau nimbang ), geser raket sedikit demi sedikit dan temukan yan gpas dan seimbang antar frame dan handle. trus gimana?
    • Jika telunjuk anda lebih dekat dengan frame maka itu raket jenis power
    • Jika telunjuk anda  lebih dekat dengan handle maka itu raket jenis control
    kalau anda sudah terlanjur membeli tapi tidak sesuai degan yang anda inginkan maka bisa di siasati, kalau anda meinginkan type control coba tambahi grip dan ganti senar yang lebih kecil, tapi kalau ingin menjadikan raket power anda bisa mengganti grip yang lebih ringan dan memakai senar yang lebih besar.
  • Flexibel Batang Raket

    Saat anda memegang raket pasti sering mengecek kaku atau lentur twist atau tidak. ada beberapa pertimbangan untuk memilih raket yang tepat untuk anda
    • Raket Dengan  batang Lentur
    Raket jenis ini akan memberikan pecutan yang bagus saat di ayunkan. dan sangat cocok untuk bermain type bertahan karena pengmbalian bola sering dilakukan denga pukulan lob dan dropshot sesekal juga melakukan smash. raket ini  juga bagus dalam mengembalikan smash dari lawan cukup dengan sentuhan hasul bola akan kembali kelawan kita. raket ini cocok untuk pemula yang ingin belajar mendapatkan power yang lebih.
    • Raket Dengan Batang Kaku 
    Raket jenis ini sedikit menghasilkan pecutan bahkan hampir terasa sangat kaku. dan sangat cocok untuk bermain menyerang dan menempatkan bola yang tepat dan akurat, cocok juga dipakai untuk jenis pukulan netting, smash bahkam jumping smash. raket jenis ini cocok dipakai untuk menengah dan mahir, karena memakai raket ini membutuhkan tenaga lebih dan trik khusus untuk melakukan ayunan dan yang biasa dipakai dengan raket jenis lentur.

    Frame 

    Bentuk dari frame tebagi menjadi dua :
    • Frame Isomatric
    Frame Isomterik mempunyai bentuk  cenderung persegi ( head squash share )
    • Frame Konvensional 
    Frame Konvensional mempunyai bentuk  oval, tapi saat ini frame konvensional sudah mulai jarang karena menjamurnya raket dengan frame isometrik yang terlihat lebih menarik.
Itulah tips cara memilih raket yang benar untuk dijadikan pertimbangan saat membeli raket.

 
 

Tidak ada komentar: