Tips Pemanasan Bermain Bulutangkis 8

Melompat Vertikal

Tujuan: Tujuan test ini adalah untuk mengukur kekuatan eksplosif kaki dan ketinggian lompatan.
Perlengkapan yang diperlukan: pita meteran atau tembok yang diberi garis ukuran, kapur untuk membuat tanda pada tembok. Djarum menggunakan alat ‘vertec' untuk test ini.

Deskripsi/ prosedur (lihat juga variasinya di bawah)
• Atlet berdiri dengan sisi tubuh menghadap tembok dan menjulurkan tangan yang dekat tembok ke atas. Dengan tetap menjaga kaki berada di lantai, titik pada ujung jari diberi tanda atau dicatat dengan kapur. Ini disebut ‘standing reach'.
  • Atlet kemudian berdiri menjauh dari tembok, dan melompat vertikal setinggi mungkin dengan menggunakan kedua lengan dan kaki untuk membantu melontarkan badan ke atas. Berusaha menyentuh tembok pada titik tertinggi lompatan. Gunakan kapur pada ujung jari.
  • Perbedaan tinggi antara ‘standing reach' dengan ketinggian melompat yang dihasilkan adalah score-nya. Hasil terbaik dari 3 percobaan dicatat.

Scoring: Tinggi lompatan biasanya dicatat dalam cm. Tabel di bawah memberikan skala ranking untuk atlet dewasa dan akan memberikan gambaran tentang score yang baik.
Keterangan: Tinggi lompatan dipengaruhi oleh seberapa anda menekuk lutut anda sebelum melompat, dan penggunaan lengan secara efektif.

Tidak ada komentar: